loading loading
blog-image

Hari AIDS sedunia (HAS) diperingati pada 1 Desember sejalan dengan tema Global “Equalize”, yaitu satukan langkah, cegah HIV, dan semua setara akhiri AIDS.

Tujuan Peringatan Hari AIDS Sedunia dimaksudkan untuk:
1.   Meningkatkan pengetahuan, kesadaran, masyarakat, khususnya perempuan dan remaja dalam pencegahan dan pengendalian HIV.
2.   Menggerakkan perempuan dan remaja untuk secara aktif menggerakkan upaya pencegahan infeksi dan penularan HIV AIDS bagi diri dan lingkungannya,
3.    Meningkatkan keberpihakan dan kesetaraan dalam menyediakan layanan pencegahan,
tes, dan pengobatan HIV AIDS berkualitas untuk semua orang.

4.   Meningkatkan penggerakan sumber daya dalam mengakhiri AIDS sebagai ancaman kesehatan masyarakat di lndonesia.

Peserta yang hadir berjumlah 95 terdiri dari tim Dinas Kesehatan kota Bogor, OPD terkait, Camat Se-Kota Bogor, Puskesmas Se-Kota Bogor, Rumah sakit layanan PDP, Lapas Paledang, KPA Kota Bogor, Komunitas, CSR.

Kegiatan ini meliputi kilas balik dan dramatical” tentang kegiatan HIV yang sudah dilakukan di tahun 2022 yang terdiri dari konseling, mobile VCT, skrining, pertemuan kader WPA, dan penguatan program HIV; penggalangan komitmen; pemberian santunan bagi anak dengan HIV/AIDS (ADHA); dan talkshow tentang satukan langkah, cegah HIV, dan semua setara akhiri AIDS dari sudut pandang stakeholder dan komunitas.

Untuk mencapai ending AIDS tahun 2030, upaya pengendalian dilakukan dengan strategi, pencegahan, penemuan kasus dan penanganan kasus didukung dengan berjalannya transformasi kesehatan, termasuk penguatan layanan primer, pencakupan kesehatan semesta dan pelibatan masyarakat atau komunitas. Sehingga perlu dukungan dari semua pihak dan masyarakat untuk berperan aktif dalam mengkahiri epidemi AIDS dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, yang terdiri dari oleh pemerintah, akademisi/praktisi, masyarakat, swasta, media dan komunitas.

-Media Pers Huk-HAM

Responsive image Responsive image
Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...