loading loading
blog-image

Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Bogor menyelenggarakn FGD (Focus Group Discussion) pada Senin, 18 Juli 2022 bertempat di Ruang Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor. Dengan tema “SOSIALISASI MEKANISME PENGHORMATAN HAK PEREMPUAN PADA BUMD DAN PERUSAHAAN SWASTA kegiatan dibuka oleh Drs. Irwan Riyanto, M.Si, Plh. Sekretaris Daerah Kota Bogor serta dihadiri oleh beberapa perwakilan BUMD dan Perusahaan Swasta di Kota Bogor.

Dalam sambutannya, Plh. Sekretaris Daerah Kota Bogor menyampaikan bahwa penghormatan Hak Asasi Manusia bukan berarti pelaksanaan hak asasi yang sebebas-bebasnya. Dalam rangka mendukung penyelenggaraan hari HAM internasional tanggal 10 Desember nanti, penghormatan Hak Asasi Manusia ini akan mengambil peranan penting dalam pelaksanaannya.

Sub Koordinator Bantuan Hukum dan HAM, Yulia Anita Indrianingrum, S.H.,M.Sc. pada kesempatan yang sama mengatakan “penghormatan hak perempuan ini sebagai salah satu implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2021.” Tambahnya, “kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait pemenuhan data Rencana Aksi HAM Tahun 2022.”

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Iceu Pujiati, S.H.,M.M., berharap DP3A mampu membantu mengoptimalkan peran dan perlindungan terhadap perempuan disegala sektor pembangunan  dalam rangka kesetaraan gender, serta mampu meminimalisir isu pada anak yang saat ini didominasi oleh pernikahan anak yang berdampak juga pada bertambahnya angka perceraian.

Erny Harjanti, S.T., Pengawas Ketenagakerjaan Ahli Madya dari UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I, dalam kesempatannya menyampaikan bahwa perlindungan pekerja perempuan ini berfokus pada pengawasan norma kerja. Perlindungan diberikan dengan penerapan kebijakan yang bersifat protective, corrective, dan non discriminative.

Wirna Lasminawati, S.H.,M.M., Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja pada Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor, menjelaskan bahwa persentase pekerja laki-laki masih lebih tinggi karena perempuan di Indonesia cenderung makin tua makin tidak produktif berbeda dengan di luar negeri. Dinas Tenaga Kerja telah meluncurkan web @bogorkerja untuk memfasilitasi masyarakat yang mencari pekerjaan serta sebagai wadah untuk sharing masalah ketenagakerjaan.

-Media Pers Huk-HAM

Responsive image Responsive image
Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...